Rahasia Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Kebutuhan hidup memang tidak pernah ada habisnya. Apalagi jika Anda sudah hidup berumah tangga. Biaya hidup pasti akan bertambah banyak. Bahkan, sehingga seringkali bikin pusing kepala. Mengatur keuangan rumah tangga memang tidaklah mudah. Jika tidak pandai mengatur keuangan, bisa-bisa kebutuhan satu bulan ada yang tidak terpenuhi. Butuh cara khusus agar penghasilan yang diperoleh bisa mencukupi kebutuhan satu bulan. Lalu, bagaimana caranya? Yuk, simak jurus jitu mengatur keuangan berikut!

income.id

Ini Dia Jurus Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan rumah tangga:

  1. Kalkulasikan jumlah pendapatan 1 bulan

Cara mengatur keuangan yang pertama adalah dengan menjumlah seluruh pendapatan selama satu bulan, baik penghasilan dari gaji bulanan, uang lembur, atau tambahan penghasilan lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pendapatan yang akan dialokasikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama satu bulan ke depan.

  1. Buat skala prioritas

Tulis semua keperluan yang dibutuhkan selama satu bulan ke depan, mulai dari keperluan untuk makan, listrik, transportasi, sewa rumah, biaya sekolah anak, dan biaya rutin lainnya. Kelompokkan berbagai kebutuhan tersebut dalam skala kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

  1. Alokasikan dana untuk menabung

Semua orang tentu sepakat bahwa menabung merupakan hal yang sangat penting. Uang tabungan yang Anda sisihkan nantinya bisa untuk membeli rumah, kendaraan, sawah, dll.

  1. Persiapkan dana cadangan

Anda mengalokasikan sejumlah anggaran sebagai dana cadangan. Dana ini digunakan jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak. Namun, pastikan bahwa Anda benar-benar menggunakan dana ini untuk hal yang mendesak saja.

  1. Hindari berhutang

Hutang seringkali membuat keuangan kita menjadi berantakan. Jadi, sebaiknya jagalah rasio utang Anda. Jangan sampai melebihi 30% dari total penghasilan Anda. Jika hutang terlalu banyak, tentunya penghasilan yang didapatkan hanya habis untuk mencicil utang saja.

Dengan menggunakan 5 jurus jitu tersebut, keuangan rumah tangga Anda pasti akan stabil setiap bulannya. Hal penting lainnya yang wajib Anda perhatikan adalah harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Jika hanya memenuhi keinginan saja, tentu akan membuat biaya hidup menjadi boros. Jadi, pastikan pengeluaran yang Anda lakukan benar-benar untuk memenuhi kebutuhan hidup saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *