Mengetahui Kegunaan Dan Jenis-Jenis Pallet Di Dalam Dunia Cargo

Pallet bagi orang yang telah lama berkecimpung di dunia cargo atau logistik tentu saja tidak asing lagi di telinganya. Apalagi bagi para pekerja di anggota gudang,  tiap hari pasti dia bakal berjumpa dengan pallet. Namun kegunaan pallet dan beserta jenis di rasa wajib untuk diketahui oleh orang biasa pada umumnya. Lantas apa saja kegunaan dari pallet beserta jenis-jenisnya yang biasanya dipakai oleh jasa cargo? Kali ini kami akan coba menjabarkan mengenai  kegunaan dan jenis-jenis dari palet.

camjayaabadi.com

Fungsi Pallet

Pallet yaitu sebuah alat yang biasanya terbuat dari kayu berwujud persegi datar dengan rongga-rongga. Fungsi palet di dalam dunia cargo adalah untuk menempatkan barang-barang pengiriman yang disimpan di gudang. Barang yang ditaruh di atas palet, bakal lebih muda di angkat dengan forklift sebab terdapat rongga khusus garpu forklift pada anggota bawah palet. Selain untuk efisiensi pengangkutan barang, palet juga berguna untuk merawat barang dari lantai yang berair.

Jenis-Jenis Pallet Dalam Dunia Cargo

Seiring berkembangnya teknologi, palet yang biasanya terbuat dari kayu kini tersedia pula dari bahan lainnya seperti plastik, logam dan kardus. Ada berbagai model palet yang umuma digunakan di dalam dunia cargo. Secara garis besar, model pallet sendiri terbagi kedalam dua kategori. Yaitu pallet berdasarkan drive direction dan pallet berdasarkan bahan materialnya.

Palet Berdasarkan Drive Direction

  1. Pallet 2 Ways

Pallet 2 ways memungkinkan forklift mengambil barang dari 2 sisi, yaitu segi depan dan juga segi belakang

  1. Pallet 4 ways

Pallet 4 ways memungkinkan forklift mengangkut barang dari 4 segi yaitu segi depan, segi belakang, segi kiri dan kanan.

Pallet Berdasarkan Bahan Materialnya

  1. Pallet Kayu

Jenis pallet ini terbuat dari material kayu. Jenis kayu yang digunakan  bukan sembarang kayu melainkan kayu dari pohon terpilih. Indonesia adalah negara pemakai pallet kayu terbanyak di dunia, sebab bahan baku kayu banyak terdapat Indonesia. Jadi material untuk pembuatan pallet kayu lumayan mudah diperoleh.

  1. Pallet Plastik

Pallet ini terbuat dari bahan plastik. Perbedaan mendasar dari pallet yang terbuat dari plastik dan juga kayu ialah pada segi atasnya. Pallet kayu pada segi atasnya dibentuk dari kayu yang melintang dan terdapat jarak antar kayu tersebut. Sementara pallet plastik di atasnya tertutup rata. Kelebihan dari pallet plastik yaitu bahannya yang awet dan tak mudah rusak.

  1. Pallet Kardus

Jenis pallet tidak hanya terbuat dari kayu dan juga plastik, ada juga  pallet yang terbuat dari kertas kardus. Jenis pallet ini lumayan kuat untuk menghambat bobot di atas 100 kg. Pallet kardus meruapakan pallet yang ramah lingkungan sebab dapat  di daur ulang.  Pallet kardus banyak di gunakan oleh negara Jepang.

  1. Pallet Logam

Jenis pallet ini adalah model yang paling kuat diantara pallet lainnya. Pallet logam umumnya terbuat dari besi. Pallet besi atau logam merupakan palet yang paling mahal di bandingkan yang lain. Walaupun model pallet ini terbilang yang paling kuat, tetapi ia juga mempunyai kelemahan. Yaitu model pallet logam lemah terhadap air, sebab bisa memicu karat. Kecuali pallet logam terbuat dari bahan besi yang tahan pada karat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *