Langkah-Langkah Menyusun Teks Eksplanasi

Selama ini pasti anda sudah tidak asing dengan teks berupa cerita ataupun berita yang kini banyak bermunculan di media cetak maupun internet. Dari sekian banyak jenis teks yang bermunculan tersebut, teks eksplanasi merupakan salah satunya. Dimana teks ini adalah teks yang menjelaskan tentang proses terbentuk atau terjadinya sebuah fenomena sosial atau alam. Di dalam teks eksplanasi, peristiwa yang muncul disebabkan oleh peristiwa yang sudah terjadi sebelumnya sehingga mengakibatkan peristiwa setelahnya.

rumusrumus.com

Contoh teks eksplanasi memang sudah banyak dan mudah anda temukan. Tetapi mungkin anda lupa atau belum tahu bahwa teks tersebut merupakan jenis teks eksplanasi. Jika anda penasaran ingin mencoba membuat sendiri teks eksplanasi maka berikut ini akan dijelaskan langkah-langkahnya.

  1. Menentukan Tema
    Langkah pertama pembuatan teks eksplanasi yaitu dengan menentukan tema atau topik. Pada tahap ini bertujuan supaya tulisan yang dibuat tidak semakin melebar kemana-mana dan berulang. Jenis tema yang dipilih dalam pembuatan teks eksplanasi berkaitan dengan kejadian sosial, budaya, alam dan lain sebagainya. Misalnya tentang gempa bumi, hujan, kenakalan remaja, narkoba dan lain-lain.
  2. Mengumpulkan Bahan Tulisan
    Pada langkah ini, anda bisa mencari bahan atau data yang berkaitan dengan tema yang akan ditulis. Bahan atau data tersebut bisa diperoleh dari buku, koran, majalah maupun artikel di internet. Bisa juga dilengkapi dengan wawancara ahli, melihat gambar dan video mengenai peristiwa yang akan diamati.
  3. Membuat Kerangka Tulisan
    Pembuatan kerangka tulisan ini bertujuan supaya menjaga sebuah tulisan tetap sesuai dengan apa yang direncanakan. Pada langkah ini, anda perlu membuat rincian poin-poin penting yang akan ditulis dan dikembangkan sesuai tema. Poin-poin tersebut nantinya dipakai sebagai acuan pembuatan tulisan yang harus sesuai stuktur teks eksplanasi.
  4. Mengembangkan Tulisan
    Sesudah membuat kerangka tulisan maka anda bisa mengembangkan kerangka menjadi sebuah teks eksplanasi. Namun dalam pembuatan teks ini anda perlu memperhatikan kecermatan penggunaan tanda baca serta perpaduan kalimat.

Demikianlah penjelasan mengenai langkah-langkah membuat teks eksplanasi yang bisa menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini anda bisa belajar menyusun teks eksplanasi sesuai ketentuan yang berlaku sehingga hasilnya lebih tepat dan mudah dipahami pembaca. Bila anda membutuhkan informasi lebih jelas dan lengkap seputar teks ekspalanasi maka silakan kunjungi link berikut https://rumusrumus.com/contoh-teks-eksplanasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *