Karakter Yang Wajib dimiliki Sebelum Masuk Kursus Barista Jogja

Ternyata menjadi seorang barista tidak hanya asal meracik kopi saja, karena Anda diharuskan untuk memiliki karakter khusus supaya bisa sukses menjadi seorang barista. Terlebih lagi Ketika Anda berkeinginan untuk memasuki dunia kursus barista Jogja maka Anda harus mengetahui karakter diri Anda apakah sudah layak menjadi barista atau belum.

www.coday.id

Apabila Anda tidak memiliki keahlian untuk menjadi seorang barista tentu akan sangat sia-sia meskipun Anda menjalankan program kursus. Berikut ini karakteristik yang wajib dimiliki sebelum Anda masuk kursus barista yaitu:

  1. Ketelitian

Karakter yang pertama yaitu seorang barista dibutuhkan memiliki karakter yang teliti. Mengenali karakter inilah barista akan diuji sebelum mulai bekerja, misalnya dari tata cara pembuatan sajian kopi, teknik menuangkan susu pada sajian latte, teknik dalam membuat seduhan manual brew atau yang lainnya.

  1. Sopan dan ramah dalam memberikan pelayanan

Seorang barista harus memiliki karakter yang sopan dan ramah dalam memberikan pelayanannya. Oleh karena itu menjadi barista tidak hanya mengandalkan pada keahlian dalam menyajikan kopi saja namun juga harus memiliki karakter yang santun.

  1. Fleksibel dan mampu diandalkan

Menjadi barista harus siap bekerja meskipun di hari libur karena mengingat bahwa untuk kedai kopi akan semakin ramai pengunjung di saat hari libur. Untuk itu pemilik kedai kopi tentunya akan sangat tertarik pada barista yang bersedia bekerja meskipun di hari libur.

  1. Dapat menjalin kerjasama

Menjalin kerjasama dengan tim staf menjadi nilai tambah seorang barista. Untuk kerjasama ini harus dimiliki sebagai karakteristik barista yang profesional, untuk itu sebelum Anda memutuskan mengikuti kursus barista Jogja maka Anda harus memastikan bahwa Anda dapat bekerja dengan tim.

  1. Cekatan

Cekatan bukan berarti mengedepankan kuantitas tanpa memperhatikan kualitas. Menjadi seorang barista memang dibutuhkan yang cekatan karena mengingat bahwa jumlah pengunjung yang terus berdatangan membuat diri Anda harus menyajikan kopi dalam waktu yang lebih cepat supaya pengunjung tidak lama menunggu.

Sebelum memutuskan terjun ke dunia barista maka Anda harus memantapkan diri terlebih dahulu sebelum memasuki tempat kursus barista. Karena apabila Anda tidak memiliki niat dan tekad yang kuat untuk menjadi barista maka sangat disayangkan jika Anda hanya menghambur-hamburkan uang untuk kursus barista.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *