Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemasangan Atap Baja Ringan

Pemasangan atap baja ringan yang baik dan benar akan mempengaruhi seberapa kuat dan kokohnya bangunan rumah anda. Anda pasti sudah seringkali mendengar rangka baja ringan bangunan roboh dikarenakan tertiup angin kencang atau karena guncangan gempa bumi dan bencana lain bukan? Nah oleh karena itulah dalam setiap pemasangannya, atap baja ringan memerlukan beberapa teknik agar rumah anda tetap aman dari segala bencana. Bayangkan saja jika atap baja ringan tidak dipasang secara baik dan benar kemudian tiba-tiba roboh, pasti akan menyebabkan berbagai macam kerugian. Bisa jadi kerugian tidak menimpa anda, jika atap baja ringan roboh mengenai bangunan atau rumah tetangga anda maka tetangga anda tersebut juga akan merasakan kerugian.

www.renovatap.com

Nah, agar anda bisa menghindari berbagai macam hal yang tidak diinginkan tersebut alangkah lebih baiknya saat anda hendak membangun sebuah rumah harus memperhatikan segala aspek.  Terutama dalam hal pemasangan atap baja ringan, pemasangan atap ini harus sesuai dengan standar keamanan pemasangan yang baik dan benar agar bangunan senantiasa kuat dan kokoh di berbagai macam kondisi cuaca. Untuk itu berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan atap baja ringan & biaya pemasangan atap baja ringan :

  1. Tentukan bentuk atap rumah

Bentuk atap rumah bukan hanya sebagai pemanis atau hiasan yang akan membuat rumah anda terkesan estetik dan indah, namun bentuk atap rumah juga akan berfungsi untuk mencari tahu teknik pemasangan atap seperti apa yang akan digunakan.

  1. Tentukan penutup atap

Menentukan penutup apa yang akan anda gunakan untuk menutup atap baja ringan juga sangat penting, anda harus memperhatikan material jenis apa yang cocok dengan bahan atap baja ringan yang anda gunakan. Selain itu pemilihan bentuk penutup atap serta warna juga akan mempengaruhi keindahan dan estetika dari rumah atau bangunan anda.

  1. Tentukan jenis dan ketebalan baja ringan

Untuk atap rumah sebaiknya anda memilih baja ringan dengan Kanal C yang memiliki ketebalan minium di ukuran 0,75mm dan Reng dengan ketebalan minimum 0,45mm.

  1. Sudut kemiringan atap

Untuk kemiringan ideal sebuah atap rumah atau bangunan adalah 25 atau 30 derajat.

  1. Perhatikan jarak kuda-kuda baja ringan

Jarak kuda-kuda baja ringan yang aman tidak boleh lebih dari 1200 mm

  1. Perhatikan sistem kesatuan rangka atap baja ringan

Kunci sebuah kekuatan rangka atap baja ringan terletak pada integrasi tiap batang baja satu dengan yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *