Anime Bukan Sekadar Media Hiburan Saja

Masyarakat Indonesia sangat meminati anime karena penggambaran ceritanya lugas dan disertai karakter unik dan berbeda. Sebab mempunyai banyak penggemar, berbagai tokoh bisa Anda temui di anime, termasuk tokoh dunia nyata. Menariknya, menikmati anime sekarang bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Dulu, kisaran tahun 1990-an hingga 2000-an kita harus sabar menanti tayangan anime atau bisa disebut kartu selama satu minggu sekali. Hadirnya situs penyedia anime gratis subtitle Indonesia Anoboy, menyaksikan anime dapat dilakukan dengan mudah.

anoboy.id

Tahukan Anda, bahwa anime bukan sekadar media hiburan saja bagi masyarakat Jepang? Nah, kesempatan kali ini kami membagikan informasinya untuk Anda, seperti berikut ini.

Perihal sejarah perkembangan anime tidak bisa lepas dari Perang Dunia II yang membawa Jepang ke masa keterpurukan. Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah Jepang bersama rakyat guna memulihkan kondisi akibat ledakan bom atom. Dimulailah evolusi besar dalam diplomasi publik dan diplomasi budaya Jepang sebagai bentuk rivatilisasi pemerintahan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah memanfaatkan budaya pop yang tengah berkembang, yaitu musik, komik, dan anime. Tujuannya adalah, membangun citra dan status Jepang sebagai negara superpower di kalangan internasional.

Keberadaan komik dan anime di Jepang bukan sekadar media hiburan semata, tetapi sebagai sarana membangkitkan rasa patriotisme dan kebanggaan masyarakat. Melalui beragam tema sejarah, mulai dari ninja, samurai, shogun, rakyat Jepang diingatan kembali akan masa kejayaan negaranya.

Pemerintah Jepang semakin giat mengembangkan diplomasi melalui budaya pop pasca tahun 1990-an. Terlihat semain banyaknya pop culture yang masuk sebagai program Diplomatic Bluebook 2004. Penyebaran budaya pop Jepang semakin cepat berkat kehadiran internet. Banyak situs yang menyediakan anime untuk ditonton dan manga untuk dibaca, seperti Anoboy.id. Meskipun situs tersebut bukanlah official atau sekadar situs komunitas semata, namun koleksi mereka cukup lengkap, bahkan sudah ada subtitle berdasarkan target pasar.

Berkat peran manga dan anime, Jepang mampu merajai dunia hiburan bahkan bisa bersaing dengan Hollywood milik Amerika Serikat. Semoga saja, beberapa tahun mendatang Indonesia mampu menciptakan identitas diri melalui pop culture yang mendunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *